Saturday, May 22, 2021

Prioritas Tanpa Batas, Semua Kegalauan Ada Masanya.

Hai hai hai....

Prioritas tanpa batas.

Kenapa tiba-tiba ngomongin prioritas?

Biasanya yang sering terdengar kreativitas tanpa batas, bukan prioritas. Saya kebetulan seorang guru, meskipun pasti tidak sempurna, satu hal yang saya pastikan juga adalah saya selalu ingin anak didik saya menjadi anak baik. Meskipun saya tidak seperti ibu peri di kelas, meskipun sekali dua kali tiga kali dan kali lain saya ngomel di kelas, tapi tidak pernah sekalipun saya mendo'akan anak didik saya tidak berhasil. Dan saya yakin, tidak ada satu pun guru, dosen, ustadz, ustadzah yang ingin anak didiknya gagal. No one. 

Baru-baru ini ada satu kejadian yang membuat saya bilang "sayang sekali ya...". Karena pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar sudah satu tahun lebih diadakan online, baik yang memang full online classes ataupun yang offline, daring, luring maupun kombinasi daring dan luring. Saya yakin dalam hati anak-anak pasti jenuh dan ingin semua kembali normal. Saking lamanya belajar dari rumah (BDR), anak didik saya di sekolah banyak yang amblas motivasi belajarnya. Baru-baru ini malah dapat kabar salah satu anak didik saya nikah, dia cewek. Iya, gadis remaja usiao sekolah kelas VIII, SMP,nikah. Deggggg...! Ada rasa pilu dihati sih, kenapa tiba-tiba nikah? Terakhir ketemu sebelum puasa, dia masih ngumpulkan tugas lewat WA, dia masih nanya tugas yang dia nggak paham. 

Kalau dengar kabar teman sebayaku nikah, alhamdulillah sudah ketemu jodohnya, tapi ketika dengar anak kelas VIII yang sebulan lalu masih sekolah terus sekarang nikah, reaksi pertama saya bukan "alhamdulillah datang jodohnya." I can't do it that way. Yang ada dalam pikiran saya pertama kali adalah "are you kidding me? Mosok seh? Tenan e?" Anak usia segitu, yang harusnya masih menikmati masa-masa belajar bareng teman-temannya, menekuni hobinya, atau lagi asik-asiknya fangirling, malah memilih mengikuti rasa penasarannya akan cinta yang akhirnya berujung pada sebuah pernikahan dini. Iya sih, menikah memang hak setiap orang, tapi dalam Undang-Undang negara kita, pernikahan tetap diatur, ada UU nya, UU no 16 tahun 2019. Dalam pasal 7 ayat 1 berbunyi: "Perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita sudah mencapai umur 19 (sembilan belas tahun)". Dan ini anak murid kelas VIII yang usianya belum sampai 19 tahun, dinikahkan, for real. Memang bukan anak saya, dan orang tuanya pu ya pertimbangan untuk menikahkan. Terus kenapa saya nulis? Saya berharapnya anak didik saya yang lain nggak sampai putus sekolah terus nikah. Menikahlah nanti, ketika sudah selesai sekolah, paling tidak selesaikanlah wajib belakar sembilan tahun yang dicanangkan pemerintah. Itu yang bikin aturan pusing lho mikirnya,banyak pertimbangannya juga.

Saya bukan tipe yang keras banget tapi juga nggak lembek banget kalau soal cinta-cintaan ini. Selama ini saya selalu terbuka sama anak didik saya. Mahasiswa/i saya dulu beberapa ada yang curhat masalah cinta-cintaan saya ladeni, siswa saya di SMK dulu cerita pacar saya oke, termasuk siswa/i saya sekarang yang anak  SMP cerita gebetan saya dengarkan. Dengarkan dengan seksama. Bukan berarti saya biarkan mereka cinta-cintaan begitu saya, saya selalu tekankan segala sesuatu ada masanya, ada tanggung jawabnya, ada resikonya, ada prioritasnya. Di usia mereka seharusnya prioritasnya apa selalu saya tekankan. Siswi saya SMP wajar saja kalau menyukai lawan jenis, it's normal. Yang tidak normal adalah kalau sampai kehilangan pegangan sampai tidak tahu prioritas.

Saya selalu tekankan sama mereka, sebagai siswa tanggung jawab mereka apa, prioritas mereka harus tetap tentang sekolah, belajar. Mereka boleh fangirling, boleh suka lawan jenis tapi tidak boleh hilang kendali. Suatu kali saya pernah mengumpulkan anak didik saya yang satu SMP jumlahnya cuma 14 anak itu di depan kantor guru, saya ingatkan yang mana prioritas. Saya ingatkan karena mereka siswa, tugas utamanya belajar. Kalau mereka k-pop idol ya tugas utamanya bukan belajar di sekolah, kalau mereka actor/actress ya tugas utamanya mengasah kemampuan berakting mereka supaya ketika memerankan peran itu bisa seperti nyata. Semua ada masanya, ada porsinya. Seperti sekolah, menikah juga ada masanya, nanti kalau sudah cukup umur dan siap secara mental dan fisik.

Jangan dikata anak SMP sudah siap fisiknya, meskipun bongsor, dilihat dari segi kesehatan itu beresiko, apalagi kalau langsung hamil dan melahirkan, resiko tinggi. Sebagai individu, masing-masing dari kita punya prioritas, setiap pilihan juga pasti ada tanggung jawabnya. Kalaupun sudah membuat pilihan yang dirasa berat tanggung jawabnya ya percayalah dari situ kita akan jadi orang yang lebih kuat. 

Bersyukurlah anak sekolah yang kegalauannya masih antara mau ngerjakan tugas Matematika dulu atau Bahasa Inggris dulu, mau nonton NCT atau BTS, mau pilih V atau Jungkook, mau Suho atau Baekhyun mau main PUBG atau among us; disaat ada anak usia sekolah lain yang cuma berharap pengen sekolah dan senang-senang dengan teman-temannya tapi keadaan tidak berpihak sehingga terpaksa dia nggak bisa sekolah dan bersenang-senang.

Bersyukurlah dedek-dedek gemes yang kegalauannya masih antara mau beli laneige atau ms glow, antara mau pakai produk lokal atau luar, mau nonton Hwang In Yeop atau Cha Eun Woo disaat yang lain udah bingung mikirin harus beli popok merek apa atau sufor merek apa karena ngepas2in duit jatah bulanan suami.

Bersyukurlah embak-embak yang kegalauan hatinya masih antara mau pakai baju dari Wearing Klamby atau Vanilla, mau beli kerudung Zytadelia atau Mandja Ivan Gunawan, mau pakai Shu Uemura atau Make Over aja, mau nonton Lee Seung Gi atau Song Jong Ki, mau pilih jadi fans Wang Yibo atau Xiao Zhan, Dylan Wang atau Xu Kai, mau beli tas harga 100 ribu atau 1 juta disaat yang lainnya ada yang galau antra hidup dan mati, bertahan dalam hubungan rumah tangga yang mencekik leher demi anak atau pergi.

Bersyukurlah ibu-ibu yang kegalauan hatinya masih antara gemes suami mancing atau nge-trail disaat ibu-ibu lain galau antara suami suka teman kantor atau suami suka ladies. 

Jadi, setiap orang sudah pasti punya kehidupannya masing-masing, they fight their own battle, we can't put other shoes on our feet tapi bukan berarti kita nggak peduli sama orang di sekitar kita. 

Let's remind our beloved one if they took the wrong path in common, mari tetap ingatkan orang-orang yang kita sayangi kalau mereka mengambil langkah yang salah secara umum, tentang bagaimana mereka menanggapi saran dan kasih sayang kita itu tanggung jawab mereka. Salah seorang dosen yang saya kagumi pernah bilang you can be somebody's hero and somebody else's asshole at the same time. Note it!

Prioritas. Selama kita hidup kita akan terus dihadapkan pada pilihan-pilihan yang terkadang pilihan itu kurang lebih sama buruknya, tergantung prioritas kita masing-masing.

Sama seperti saya, yang masih nonton k-drama, c-drama dan drama-drama lain padahal punya kewajiban jadi ibu rumah tangga. Tapi prioritas saya tetap bukan itu, saya masih main sama anak, masak (kalau lagi gak mood atau malas ih beli, bagi-bagi rejeki dengan yang jualan makanan), masih tetep kerja, masih tetep ngomelin suami kalau ngambil baju dilemari jadi berantakan.



Sekian. 


 


Saturday, May 8, 2021

Serba Serbi Masuk Sekolah Taman Kanak-Kanak

 Bismillahirrahmanirrahim....

Si buah hati yang saat baru lahir kita timang-timang, kita susuin, kita ganti popoknya malam-malam sambil agak merem gitu mamanya, sekarang sudah aktif banget lari-lari, lompat-lompat, sepedaan. Anak-anak mah gitu ya, tiba-tiba tingginya udah sepinggang kita aja. Seperti kayak baru aja nih tiap hari aku pumping di sana-sini, ehh sekarang dia udah mau masuk sekolah TK. Iya, langsung saya sekolahkan TK memang nggak usah PAUD. Kenapa? Itu sudah hasil diskusi dengan bapaknya. Kalau ibu-ibu lain mau menyekolahkan anaknya PAUD dulu baru masuk TK ya monggo. Feel free to choose your own battle. 😂

Jadi karena tahun ajaran ini Ziya atau biasa juga saya panggil Nara itu sudah 4 tahun 9 bulan kalau masuk sekolah bulan Juli nanti, akhirnya saya daftarkan dia masuk sekolah TK. Tadinya galau juga, di masa pandemi gini gimana dia nanti sekolah, keselamatan dan kesehatannya dia lebih penting. Belajar nggak penting? Ya penting juga, tapi dia nggak harus resmi jadi peserta didik di sekolah A atau B untuk belajar, dari dia lahir sampai sekarang setiap hari juga belajar. Setelah berbagai macam pertimbangan dan diskusi dengan bapaknya, akhirnya kami memutuskan untuk mendaftarkan dia di TK Asiah di Sampit,kota tempat tinggal kami. Kenapa akhirnya di daftarkah disitu? Karena visi misi sekolah ya sejalan dengan visi misi kami untuk Ziya. Jadi kalau menurut saya ibu/bapak bebas memilih sekolah dimana saja untuk anak tercinta tapi tolong di lihat dulu visi misi sekolahnya, paling tidak cari info lah tentang sekolahnya. Cari info ya caranya terserah ibu/bapak, bisa langsung ke sekolahnya sambil minta formulir sambil tanya-tanya ke gurunya, bisa langsung ke website sekolah atau sosial medianya, di jaman kita hidup sekarang ini biasanya semua kegiatan positif sekolah di upload jadi kita bisa bebas mencermati. Kalau ibu/bapak curiga kalau apa yang di upload hanyalah pencitraan belaka, ibu/bapak bisa tanya-tanya ke teman atau kenalan atau tetangga yang anaknya pernah sekolah disitu. Intinya kumpulkan informasi yang cukup dari beberapa sekolah yang menarik perhatian ibu/bapak, pilih yang paling sesuai dengan cara ibu/bapak mendidik anak, sesuaikan juga dengan kondisi dirumah ya (kalau saya sih pokoknya jangan dipaksakan, adasekolah bagus, visi misi oke, sesuai dengan visi misi orang tua ehh tapi nggak cocok dikantong rumah tangga alias mahallllll banget sekolahnya...kalau gitu aku mundur alon-alon bang). Yang penting kita bisa nyaman menyekolahkan anak disitu, dan si anak juga senang. Jangan sampai ibunya, bundanya, mamanya girang banget tapi anaknya sedih, jangan juga anak dipaksain sekolah kalau memang belum mau, kalau umurnya belum cukup biasanya memang masih suka main.

Untuk masuk ke sekolah yang kami pilih tadi ternyata anak-anak harus di observasi dulu. Ini observasi lho bu bukan macam tes Ujian Nasional apalagi TOEFL, TOEIC, atau IELTS, bukan. Ketika kami memutuskan untuk mendaftarkan Ziya sekolah, Ziya memang sudah minta masuk sekolah, dan saya memang sengaja mengajak dia ke beberapa sekolah yang memang kami pertimbangkan waktu itu. Kenapa harus diajak kan pandemi, bahaya? Insya Allah saya mematuhi protokol kesehatan begitu pula sekolah-sekolah yang saya datangi. Ternyata keputusan membawa anak melihat sekolah itu menurut saya cukup bagus, anak jadi makin semangat. Dan si dia juga bisa lho ngasih pendapatnya tentang sekolah itu. Ya bukan pendapat ahli memang, dan juga nggak mungkin dia berpendapat tentang visi misi sekolah, tapi dia lah yang mau sekolah dan kenyamanan dia adalah hal penting yang nggak bisa diabaikan orang tua. 

Pertama waktu ngisi formulir pendaftaran sih aku masih santai, di isi aja sesuai kenyataan. Tapi sekalinya hati saya dugun-dugun juga waktu dapat jadwal observasi dari gurunya. Ada semacam asa was-was gimana nanti kalau pas di observasi anakku tiba-tiba ngambek terus minta pulang, ambyar dong nanti. Tapi untung saya cepet balik waras lagi, everything will be fine. Apapun yang terjadi nanti ya udah, berarti itulah dia. 

Tibalah hari H dia di observasi, hari itu ada 9 anak yang dijadwalkan untuk diobservasi. Pengumumannya tidak menyebutkan jam yang spesifik untuk masing-masing anak, hanya diaebutkan rentang waktunya antara jam 7 sampai jam 12. Saya mikirnya lebih baik datang pagi karena kalau siang Ziya ini kadang udah nggak terkendali maunya mainan aja. Saya pastikan dia sarapan dulu, kita aja yang udah dewasa kalau beraktifitas dengan perut kosong sering error apalagi anak-anak, kasian. Ternyata ketika saya sampai disana sudah ada 3 anak yang datang didampingi mamanya,satu anak sedang di observasi, dan dua lainnya sedang menunggu. Pertama ternyata saya harus mengisi kuesioner dulu. Setelah saya buka pertanyaannya cukup banyak, ada uraiannya juga macam ujian, untung saya sudah sarapan. Pertanyaannya ya seputar tumbuh kembang anak selama ini, juga kebiasaan sehari-hari anak. Di bagian paling belakang, uraian, jadi saya harus menjelaskan motivasi saya memasukkan Ziya ke sekolah itu apa. Nah loo kan, ditanya motivasi orang tua, nggak mungkin dong orang tua asal-asalan masukin anak sekolah. Selain itu di poin selanjutnya saya harus menguraikan harapan saya Ziya belajar apa di sekolah itu, poin terakhir saya masih harus mengungkapkan tujuan saya menyekolahkan Ziya disitu. Oke baiklah, saya anggap itu kesempatan saya untuk curhat. 

Setelah saya mengembalikan kuesionernya, masih harua nunggu giliran. Ehh Ziya malah sudah nggak sabar pengen di observasi gara-gara melihat mainan bentuk dan playdough di meja gurunya. Allahu Akbar, anakku memang kalau mainan suka lupa yang lain-lain. Karena masih nunggu,saya minta Ziya mainan, ya namanya di TK banyak permainannya kan, saya biarkan saja dia main prosotan, main jungkat-jungkit pokoknya terserag dia biar mood-nya nggak jelek. 

Setelah tiba giliran di panggil, Ziya langsung tanpa basa basi duduk di depan meja gurunya dan nyusun mainan balok. Emaknya pengen tepok jidat ja rasanya, belum disuruh apa dia udah duluan mainan. Untung gurunya sabar dan ramah, kalau ini harus ya apalagi guru TK, bisa kabur anak-anak kalau gurunya galak. 

Jadi pertama, gurunya mengucapkan salam, dan syukurlah Ziya mau menjawab salamnya, kadang anak ini suka-suka dia. Setelah itu ditanya namanya siapa, biasa dipanggil apa, nama ayah dan ibunya, rumahnya dimana. Semua jawabannya lancar, dia memang sudah tahu juga alamat rumahnya dimana, memang saya sudah lama kami ajari dirumah, jadi kalau misalnya ada sesuatu hal yang tidak diinginkan ketika dia ditanya orang dia bisa jawab rumahnya dimana, siapa namanya, siapa ayah ibunya. 

Setelah itu dia ditanya warna dan bentuk, diminta menunjukkan warna dan bentuk. Masih oke dan nurut lah dia. Mungkin karena dia pas awal tadi langsung nyusun-nyusun puzzle bentuk itu jadi gurunya nggak minta dia nyusun lagi, soalnya anak-anak sebelumnya saya lihat ada menyusun. Tapi ya sudahlah terserah gurunya. 

Selesai dengan bentuk dan warna ternyata dia disuruh menulis, bukan nulis nama ya. Dia dikasih selembar kertas, di kertas itu ada gambar garis lurus, garis miring, lingkaran dan persegi, nah si anak diminta menggambar seperti yang ada di contoh. Menggambar lingkaran, oke, menggambar persegi, bisa, ehh sekalinya pas menggambar garis lurus digambarlah sepanjang kertas A4 itu sama Ziya, subhanallah, padahal contoh garisnya itu pendek aja. Hahahaha. Anakku. 

Urusan tulis menulis selesai, lalu dia ditanya apa dia bisa berhitung. Ziya-nya sendiri jawab "bisa", dan waktu gurunya bilang "coba hitung satu sampai sepuluh bisa?", Ziya langsung nyaring bilang satu, dua, tiga, empat,... sepuluh.

Sejauh ini mamanya lega, dia kooperatif. 

Setelah semua itu, Ziya diberi sebuah gambar trs disuruh mewarnai, boleh mewarnai dimana aja di situ. Dan anak ini, pindah tempat tiga kali cuma untuk mewarnai. Subhanallah, untung mamanya sudah sarapan. Nah waktu masa mewarnai ini agak drama juga, pertama dia proes karena crayon yang diberikan itu beberapa ada yang patah. Dia nggak mau pakai crayon yang patah meskipun warnanya harusnya itu, digambar pohon harusnya kan warna coklat, dan dia tahu memang harusnya warna coklat karena dirumah dia memang suka mewarnai, jadi dia pakailah warna orange untuk pohon. Saya biarin aja sih, ya udah lah suka-suja dia aja. 


Dia lagi serius mewarnai tapi ngomel karena crayonnya ada yang patah
Nah kan batang pohonnya warna orange

Saya pikir masih ada lagi rupanya mewarnai tadi adalah yang terakhir. Saya minta Ziya sendiri yang mengumpulkan hasil dia mewarnai. 

Ternyata pas sudah selesai dia nggak mau saya ajak pulang. Maunya mainan, ada mainan masak-masakan dengan mau main playdough juga. Saya ajak pulang main dirumah aja dia nggak mau. Alhamdulillah ada guru lainnya dengar dia mau main dan dipinjamilah mainan masak-masakan dan playdough, juga ditemenin main sama gurunya. Baiklah rupanya saya harus bersabar, padahal saya udah pengen pulang. Cukup lama Ziya main dengan gurunya, saya sambil lihat anak lain yang diobservasi. Ada anak yang saya lihat ketika diobservasi malu-malu, ada yang waktu disuruh jalan mengikuti garis hitam dilantai nggak mau, disuruh lompat nggak mau juga, ngambek. 
Saya harus banyak-banyak bersyukur karena hari itu Ziya nggak drama waktu diobservasi meakipun berujung ngambek juga pas saya ajak pulang.

Nah bahagia dia main 

Sekitar tigapuluh menit saya nungguin dia main, lumayan juga. Saya tunggu dia bosan dan berhenti sendiri kok nggak berhenti jadi ya terpaksa dibujuk buat pulang. 

Ya observasinya sebentar aja, mainnya yang lama. Bagus sih dia berani di tempat yang baru dengan orang baru, saya juga bersyukur dia nggak banyak dama hari itu. Untuk ibu-ibu yang nganterin anaknya di observasi, banyak-banyak bersabar aja.
Akan lebih baik kalau ada jadwal yang pasti si anak A jam berapa sampai jam berapa begitu juga anak yang lain jadi ibu-ibu bisa memperkirakan kapan harus ke sekolah supaya anak nggak nunggu lama. Karena kecenderungannya kalau kelamaan nunggu anak-anak bisa bosan dan mood nya jado jelek. Dan juga pastikan anak-anak sarapan dulu, ya kalau anaknya nggak mau makan nasi jangan dipaksa juga, bisa aja makan roti dan minum susu atau makan buah. Senyamannya aja. Ibu-ibu juga bisa bawakan minuman, snacks, atau mainan kesukaan anak, siapa tau anak bosan nunggu dan cerewet. 

Semoga pandemi segera berlalu dan anak-anak kita bisa sekolah dengan nyaman dan bahagia.

Dari aku, yang kalau makan dikt ditanya abah Ziya "kok makan dikit yank, nanti sakit lho", tapi kalau makan banyak dibilang tim sapu bersih juga.

Sekian.







 







 




Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Salam Guru Penggerak. “Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik”   ( Teach...