Saturday, November 19, 2022

Refleksi modul 1.2

 

Assalamu’alaikum, wr.wb.

Salam guru penggerak!

Setelah selama kurang lebih dua minggu mempelajari modul 1.2 dengan metode MERDEKA, dalam refleksi modul 1.1 ini saya akan menggunakan model 4F yaitu Facts, Feelings, Findings, Future. 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):

1.      Facts (Peristiwa)

Modul 1.2 ini mulai di pelajari dari tanggal 7 November. Pertama kali membaca topik di modul 1.2 saya merasa kebingungan karena saya belum memahami apa itu nilai dan peran guru penggerak, jangankan nilai guru penggerak nilai diri saya sendiri pun saya belum pernah menggali kembali nilai apa saja yang dapat dikuatkan dalam diri saya. Setelah membaca modul 1.2 pada kegiatan eksplorasi materi semakin lama saya semakin tertarik dengan pembahasan did alam modul. Saya mendapat pengetahuan baru tentang apa dan bagaimana seorang guru penggerak dapat menguatkan nilai dalam dirinya yang sejalan dengan nilai guru penggerak. Setelah mempelajari konsep pada eksplorasi kemudian diskusi di ruang kolaborasi dan penguatan dari instruktur saya semakin menyadari bahwa sangat penting bagi seorang guru untuk menggali nilai-nilai dalam dirinya sehingga dapat menjalankan perannya sebagai seorang guru penggerak.

Proses pembelajaran pada modul 1.2 ini berjalan lebih lancar dari modul 1.1 bagi saya, karena saya sudah lebih memahami ritme pembelajaran pendidikan guru penggerak di LMS. Dalam penerapan konsep nilai dan guru penggerak di kelas maupun di sekolah juga berjalan lancar. Saya melakukan kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid, saya tidak menuntut mereka untuk lulus KKM akan tetapi lebih fokus pada kebebasan dan kesenangan mereka dalam belajar.

 

2.      Feelings (Perasaan)

Kegiatan pembelajaran pada minggu ini berjalan cukup menyenangkan, pada materi prosedur teks anak-anak berdiskusi dan menuangkan pemahamannya dalam bentuk tulisan teks prosedur yang dibuat sesuai keratifitas mereka masing-masing. Saya bangga dengan anak-anak karena mereka berusaha menuliskan apa yang mereka pahami. Meskipun ada dua anak yang asal-asalan saja membuatnya tapi saya tetap bersabar karena percaya bahwa seiring berjalannya waktu jika saya konsisten menuntun mereka maka mereka akan dapat menjadi murid yang lebih baik.

Kemudian terkait program di sekolah seperti program apel pagi yang kami isi dengan menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional, membiasakan tari daerah; program literasi yang diisi dengan read aloud dan write around; dan program Jumat sehat berjalan dengan sangat baik. Setelah selama dua minggu dibiasakan apel pagi dan menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional, mereka akhirnya sudah mulai terbiasa untuk berbaris jikas udah waktunya, mulai hafal lagu-lagu daerah (sementara ini kami masih mengajarkan lagu-lagu daerah Kalimantan tengah dan baru lagu Isen Mulang dan Manasai). Pada kegiatan literasi juga mereka sudah mulai menyesuaikan kembali setelah beberapa waktu kegiatan literasi terhenti karena sekolah kami terdampak banjir. Untuk kegiatan shalat berjamaah masih perlu banyak perubahan karena anak=anak masih sering saling tunjuk untuk menjadi imam maupun muadzin meskipun sudah dijadwalkan.

 

3.      Findings (Pembelajaran)

Dari semua proses hingga aksi nyata, saya memahami bahwa kita harus mengerti nilai diri kita terlebih dahulu agar dapat menjalankan peran kitas ebagai guru. Sebagais eorang guru kita harus memahami pada tahap mana perkembangan anak didik kita sehingga kita dapat menyesuaikan diri dengan tahap perkembangan mereka. Dan dari modul 1.2 ini saya semakin yakin bahwa jika kita secara konsisten melakukans esuatu maka perubahan porsitif dapat terjadi. Sebagai seorang guru harus selalu berpihak pada murid, mandiri, reflektif, inovatif dan kolaboratif. Nilai kolaboratif penting karena tidak ada perubahan berarti yang bisa kita capai seorang diri, kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak.

 

4.      Future (Penerapan)

Di masa depan saya harus tetap konsisten menjalankan nilai dan peran guru penggerak. Tidak da suatu perubahan yang terjadi secara instan, saya perlu lebih bersabar dan terus melakukan refleksi dan tindak lanjut dari setiap Tindakan yang saya lakukan baik dari kegiatan pembelajaran maupun dalam menjalankan program-program di sekolah bersama rekakn guru lain.

 


 

No comments:

Post a Comment