Assalamu’alaikum, wr.wb.
Salam guru penggerak!
Setelah selama kurang lebih dua
minggu mempelajari modul 1.2 dengan metode MERDEKA, dalam refleksi modul 1.1
ini saya akan menggunakan model 4F yaitu Facts, Feelings, Findings, Future. 4F
merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat
diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan
yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):
1. Facts (Peristiwa)
Modul 1.2 ini mulai di pelajari dari tanggal 7
November. Pertama kali membaca topik di modul 1.2 saya merasa kebingungan
karena saya belum memahami apa itu nilai dan peran guru penggerak, jangankan
nilai guru penggerak nilai diri saya sendiri pun saya belum pernah menggali
kembali nilai apa saja yang dapat dikuatkan dalam diri saya. Setelah membaca
modul 1.2 pada kegiatan eksplorasi materi semakin lama saya semakin tertarik
dengan pembahasan did alam modul. Saya mendapat pengetahuan baru tentang apa
dan bagaimana seorang guru penggerak dapat menguatkan nilai dalam dirinya yang
sejalan dengan nilai guru penggerak. Setelah mempelajari konsep pada eksplorasi
kemudian diskusi di ruang kolaborasi dan penguatan dari instruktur saya semakin
menyadari bahwa sangat penting bagi seorang guru untuk menggali nilai-nilai
dalam dirinya sehingga dapat menjalankan perannya sebagai seorang guru
penggerak.
Proses pembelajaran pada modul 1.2 ini berjalan lebih
lancar dari modul 1.1 bagi saya, karena saya sudah lebih memahami ritme
pembelajaran pendidikan guru penggerak di LMS. Dalam penerapan konsep nilai dan
guru penggerak di kelas maupun di sekolah juga berjalan lancar. Saya melakukan
kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid, saya tidak menuntut mereka
untuk lulus KKM akan tetapi lebih fokus pada kebebasan dan kesenangan mereka dalam
belajar.
2. Feelings
(Perasaan)
Kegiatan pembelajaran pada minggu ini berjalan cukup
menyenangkan, pada materi prosedur teks anak-anak berdiskusi dan menuangkan
pemahamannya dalam bentuk tulisan teks prosedur yang dibuat sesuai keratifitas
mereka masing-masing. Saya bangga dengan anak-anak karena mereka berusaha
menuliskan apa yang mereka pahami. Meskipun ada dua anak yang asal-asalan saja
membuatnya tapi saya tetap bersabar karena percaya bahwa seiring berjalannya
waktu jika saya konsisten menuntun mereka maka mereka akan dapat menjadi murid
yang lebih baik.
Kemudian terkait program di sekolah seperti program
apel pagi yang kami isi dengan menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional,
membiasakan tari daerah; program literasi yang diisi dengan read aloud dan
write around; dan program Jumat sehat berjalan dengan sangat baik.
Setelah selama dua minggu dibiasakan apel pagi dan menyanyikan lagu daerah dan
lagu nasional, mereka akhirnya sudah mulai terbiasa untuk berbaris jikas udah
waktunya, mulai hafal lagu-lagu daerah (sementara ini kami masih mengajarkan
lagu-lagu daerah Kalimantan tengah dan baru lagu Isen Mulang dan Manasai). Pada
kegiatan literasi juga mereka sudah mulai menyesuaikan kembali setelah beberapa
waktu kegiatan literasi terhenti karena sekolah kami terdampak banjir. Untuk
kegiatan shalat berjamaah masih perlu banyak perubahan karena anak=anak masih
sering saling tunjuk untuk menjadi imam maupun muadzin meskipun sudah dijadwalkan.
3. Findings
(Pembelajaran)
Dari semua proses hingga aksi nyata, saya memahami
bahwa kita harus mengerti nilai diri kita terlebih dahulu agar dapat
menjalankan peran kitas ebagai guru. Sebagais eorang guru kita harus memahami
pada tahap mana perkembangan anak didik kita sehingga kita dapat menyesuaikan
diri dengan tahap perkembangan mereka. Dan dari modul 1.2 ini saya semakin
yakin bahwa jika kita secara konsisten melakukans esuatu maka perubahan
porsitif dapat terjadi. Sebagai seorang guru harus selalu berpihak pada murid,
mandiri, reflektif, inovatif dan kolaboratif. Nilai kolaboratif penting karena
tidak ada perubahan berarti yang bisa kita capai seorang diri, kita harus
berkolaborasi dengan berbagai pihak.
4. Future
(Penerapan)
Di masa depan saya harus tetap konsisten menjalankan
nilai dan peran guru penggerak. Tidak da suatu perubahan yang terjadi secara
instan, saya perlu lebih bersabar dan terus melakukan refleksi dan tindak
lanjut dari setiap Tindakan yang saya lakukan baik dari kegiatan pembelajaran
maupun dalam menjalankan program-program di sekolah bersama rekakn guru lain.
No comments:
Post a Comment